10 Tips Cetak Buku / Booklet

Cetak buku, majalah atau booklet masih menjadi kebutuhan masyarakat di tengah dunia digital. Membaca buku dalam bentuk cetak mempunyai rasa tersendiri dibanding membaca dalam bentuk digital. Kertas masih lebih nyaman dibanding layar. Agar booklet, majalah, atau buku lebih menarik dibaca, berikut beberapa tips.

  1. Pilih Teknik Penjilidan

Booklet adalah bentuk cetak  publikasi yang lebih tipis dari buku. Untuk cetak booklet atau buku dengan jumlah halaman lebih sedikit (8 – 40) disarankan menggunakan jahit kawat atau stepless tengah. Jika memiliki lebih banyak halaman (50 – 240) pilih perfect bending atau lem punggung.  Model penjilidan ini Nampak lebih  rapi di mana tulang belakang disatukan dengan perekat dan penutup kertas.

  • Berikan space untuk penjilidan

Saat mendesain buku atau majalah, ingatlah selalu menyisakan ruang yang cukup untuk penjilidan, menghindari teks penting terpotong atau sulit dibaca. Hal ini terutama berlaku untuk dokumen yang dijilid  dengan lem punggung karena teks di tepi bagian dalam (dekat dengan penjilidan yang direkatkan) dapat dikaburkan jika terlalu dekat dengan lipatan.

  • Rancang Penataan Informasi

Pikirkan tentang pesan dan tanyakan apa yang ingin Anda katakan. Pastikan judul bagian buku  atau majalah  menarik  serta deskriptif atau memicu rasa ingin tahu. Pastikan Anda menambahkan semua informasi kontak yang diperlukan.

  • Desain cover majalah atau buku seemnarik mungkin

Baik dalam majalah, booklet, buku, ataupun laporan tahunan, sampul depan sangat penting untuk menarik pembaca. Simpan bagian depan untuk pesan utama yang dipikirkan dengan cermat dan kata-kata yang baik. Gunakan gambar yang cerah dan menarik untuk pencetakan penuh warna Anda untuk menarik klien, dan desain yang cerdas untuk membuat sampul Anda menonjol.

  • Gunakan gambar beresolusi tinggi

Jangan membuat kesalahan dengan menggunakan gambar beresolusi rendah dari situs web Anda untuk cetak buku atau majalah. Gunakan sumber asli beresolusi tinggi atau unduh gambar stok gratis dari situs seperti: Freepik.com, Shutterstock, dll

  •  Pilih orientasi yang paling sesuai dengan tata letak Anda .

Jika Anda memiliki banyak gambar lanskap besar, rancang majlah atau buku Anda agar lebih lebar daripada tingginya, dan pilih orientasi lanskap saat mencetak.

  •  Pilih tebal  kertas yang tepat untuk halaman dalam

Pilih ketebalan kertas yang benar, untuk pencetakan brosur dan buklet Anda. Stok yang lebih berat memberikan tampilan yang mewah, tetapi jika Anda menggunakan terlalu banyak halaman kertas tebal, dokumen mungkin terbuka – menganga terutama pada Teknik jiilid stepless tengah. Gunakan 120gsm hingga 150gsm jika buku atau katalog Anda memiliki lebih dari sekitar 28 halaman.

  • Pahami jumlah halaman

Untuk menghitung halaman booklet, majalah atau buku, ingatlah untuk menyertakan sampul depan dan belakang di luar dan di dalam. Hitung sampul depan sebagai halaman 1, sampul kiri bagian dalam sebagai halaman 2, dan seterusnya. Jika memilih Teknik jili stepless tengah, pastikan jumlah total halaman dalam buklet Anda adalah kelipatan empat. Menurut definisi, Booklet  yang dijahit kawat  adalah bagian yang dilipat dengan satu atau lebih lembar yang masing-masing terdiri dari empat halaman atau panel. Jika Anda memiliki buklet yang terdiri dari empat spread dua sisi, misalnya, jumlah halaman totalnya adalah 16 halaman. Jika memilih buklet berjilid sempurna, pastikan jumlah total halaman dalam buklet Anda adalah kelipatan dua.

Konsultasikan lebih lanjut ke percetakan yang berpengalaman seperti Percetakan Lima Warna. Perlu info harga cetak buku? Silahkan chek disini