Siapa yang tidak mengenal kalender? Hampir setiap meja kerja dengan kalender dan setiap rumah memiliki kalender, baik meja maupun dinding. Meskipun teknologi sudah maju dan hampir semua orang memiliki smartphone, kalender cetak masih diminati dan terbukti memiliki efektivitas yang tinggi. Banyak orang masih suka dibandingkan dengan tanggalan secara langsung dan menganggap hal tersebut lebih praktis dan cepat jika dengan membuat acara di kalender digital.
Kalender juga merupakan sarana pemasaran yang efektif untuk perusahaan Anda. Melalui kalender, nama perusahaan Anda akan terpampang di meja atau dinding klien Anda selama setahun penuh. Ketika klien baru menjelang, maka klien akan menerima lebih dari satu atau bahkan puluh kalender dari berbagai perusahaan, namun hanya kalender yang dipilih yang akan digunakan selama satu tahun ke depan.
Tentu Anda ingin kalender perusahaan yang Anda pilih, sehingga klien akan terus teringat dengan bisnis Anda. Maka dari itu, desain dan tampilan kalender memiliki peran penting.
Berikut beberapa komponen penting dalam desain kalender yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain kalender:
1. Tema
Setiap desain kalender harus berdiri dalam satu tema besar yang sama, seperti misalnya profesi, cita-cita, atau bisa juga portofolio perusahaan anda. Di mana tema ini akan diturunkan dalam desain-desain di setiap halamannya. Pesan mengapa tema tersebut perlu ditampilkan dan dapat diilustrasikan melalui desain yang menarik.
2. Identitas perusahaan
Jika perusahaan Anda memiliki warna khas atau supergrafis yang unik, maka tampilkan secara konsisten agar klien tetap mengingat bahwa kalender tersebut adalah kalender perusahaan Anda.
3. Pemilihan gambar atau desain
Gambar yang dipilih harus sesuai dengan tema yang diangkat. Pastikan gambar yang digunakan memiliki resolusi terbaik, atau jika menggunakan untuk memastikan ilustrasi dari tema besar kalender tersebut. Beberapa desain atau gambar pada kalender didukung oleh teks, teks yang dicantumkan harus singkat, padat, dan jelas. Desain kalender dapat juga menonjolkan portofolio perusahaan Anda, seperti produk dan/atau jasa yang Anda tawarkan atau proyek yang sudah dan akan dijalankan oleh perusahaan Anda. Mencantumkan testimoni singkat dari klien Anda juga salah satu cara yang patut dicoba.
4. Desain yang Unik dan Inspiratif
Jika sedang bosan atau berbicara di telepon, maka tanpa disadari kita suka memainkan benda-benda yang berada di sekitar kita, salah satunya adalah kalender. Maka kalender yang interaktif atau desain yang unik, akan meninggalkan kesan yang baik dan disukai klien.
5. Kepraktisan
Ukuran, jenis kertas, dan finishing kalender perlu menjadi perhatian juga. Kalender yang terlalu besar, memakan tempat, dan terlalu berat harus dihindari. Jenis kertas yang dipilih juga harus tepat, serta finishing harus desain Anda. sangat bagus jika desain kalender Anda sudah menarik, namun tidak didukung yang beton.
6. Tempat kosong untuk catatan pendek
Sediakan tempat kosong agar memudahkan klien mencatat acara atau catatan pendek lainnya di kalender. Berikan jarak antar angka yang cukup, supaya di atas atau bawah angka ada tempat untuk menulis catatan singkat.
http://www.kamarupa.co.id/blog/komponen-komponen-penting-dalam-desain-kalender/