Harga Cetak Kalender 2022 Termurah di Sini

PRICE LIST

KALENDER

2022

Kalender adalah bagian dari representasi perusahaan yang akan eksis selama setahun penuh. Lima Warna adalah percetakan yang tepat untuk kalender berkualitas, dengan harga yang kompetitif.

 

Kenapa harga Cetak Kalender bisa Murah atau Mahal?

Harga kalender sebenarnya sangat bervariasi dari harga yang sangat murah hingga sangat mahal. Hal tersebut karena banyak variabel yang masuk perhitungan harga cetak kalender 2022. Diantara variabel tersebut antara lain:

Quantity. Jumlah pesanan berpengaruh signifkan terutama di percetakan offset. Karena cost awal yang dihabiskan untuk mencetak 1 desain kalender cukup menyedot budget, dan biaya dasar ini akan dibagi dengan jumlah quantity yang di pesan. Misalkan biaya dasar adalah 250.000, maka ketika oplah cetak kalender 1.000 lembar, biaya cetaknya adalah 250/lembar, namun jika hanya cetak 100 lembar maka biaya yang dibebankan menjadi cukup mahal yaitu 2.500 per lembar. Mahalnya biaya dasar ini karena percetakan offset harus membuat plate, menyiapkan kertas untuk setting cetak, dan biaya dasar operasional mesin.

Ukuran. Semakin besar ukuran cetak kalender, otomatis semakin banyak memerlukan kertas, semakin besar mesin yang digunakan, semakin banyak tinta, semakin banyak bahan baku lain semisal kawat spiral, klem seng dan lainnya. Ukuran standar untuk kalender dinding diantaranya A2 (59.4 x 42 cm), B2 (70 x 50 cm), A3+ (48 x 31 cm), A3 (29.7 x 42 cm) atau B3 (35 x 50 cm), ada juga ukuran lain semisal 38 x 54 cm. Ukuran standar tersebut biasanya harganya standar karena tidak banyak kertas yang terbuang. Perlu diketahui percetakan biasanya membeli kertas dengan ukuran plano yang cukup besar, kemudian akan dipotong sesuai kebutuhan, pada ukuran standar biasanya cukup efesien, namun ukuran tertentu bisa membuat banyak kertas yang terbuang, bagian yang terbuang tentu akan tetap dihitung sebagai biaya produksi oleh percetakan.

Jenis dan tebal kertas. Harga kertas adalah komponen yang juga memperbesar biaya cetak kalender. Kertas yang paling ekonomis adalah kertas jenis HVS, kemudian coated paper semisal art/matt paper/carto, di susul dengan fancy paper yang kadang harganya berlipat-lipat dibanding kertas standar seperti art paper. Mahalnya fancy paper sebanding dengan tampilanya, fancy paper biasanya sudah bertextur cukup baik yang menunjang nilai estetika dari kalender tersebut. Faktor lain yang perlu diperhitungkan adalah tebal kertas, semakin tebal kertas yang digunakan sudah pasti akan menambah biaya kalender. Kalender dengan tebal kertas 250 gsm, biaya kertasnya 2 x lipat lebih banyak dibanding kertas art paper 120 gsm.

Jumlah halaman. Komponen ini juga mengambil porsi besar dari harga kalender dinding atau meja. Menambah halaman atau lembar, berarti menambah biaya dasar cetak seperti ada di point pertama, biaya kertas, biaya finishing dan biaya lainya. Umumnya kalender terdiri dari 1 lembar (12 bulan dalam 1 halaman), 2 lembar (6 bulan dalam 1 halaman), 3 lembar (4 bulan dalam 1 halaman), 4 (3bulan dalam 1 halaman), 6 lembar (2 bulan dalam 1 halaman), 7 lembar (2 bulan dalam 1 halaman+cover) dan 13 lembar (1 bulan dalam 1 halaman+ 1 lembar cover).

Finishing. Pada kalender ada beberapa jenis finishing untuk pengait, diantaranya spiral + hanger, klem seng/jepit seng, mata ayam, dan tanpa pengait. Spiral menjadi gantungan yang paling mahal karena biaya material dan biaya produksi lebih lama. Pada cetak kalender meja biaya yang besar ada pada sandaran/penyangga atau dudukan kalender. Bahan yang biasa dipakai adalah yellow board nomor 30 dan 40 kemudian dilapisi dengan kertas yang lebih tipis, umumnya linen kain, namun ada juga yang menggunakan art paper yang dicetak atau juga polos. Yellow board yang lebih tebal adalah yang nomornya lebih kecil, jadi jangan salah pilih :D. Finishing lain yang mempengaruhi harga cetak kalender 2022 adalah, laminating (doff dan glossy, pond (untuk bentuk khusus yang diinginkan), dan Spot UV.

Percetakan Kalender. Tempat kalender dicetak juga mempengaruhi harga, karena banyak sebab, diantaranya adalah perbedaan margin atau keuntungan yang ditetapkan. Kedua adalah efesieni sumberdaya yang dipakai, misalnya kapasitas mesin, ketrampilan pekerja, dan tata kelola perusahaan percetakan. Ketiga, perbedaan vendor bahan baku juga berpengaruh kepada harga kalender, karena setiap vendor mempunyai harga yang berbeda, dan ini tentu berpengaruh ke harga modal yang pada akhirnya berpengaruh dengan harga yang ditawaran ke user.

Pilih Cetak Kalender Meja atau Dinding?

Kadangkala sebagian orang sulit menentukan mana yang sebaiknya dipilih diantara keduanya. Bagi yang mempunyai budget lebih hal ini tidak menjadi masalah karena tinggal cetak keduanya, beres sudah. Namun bagi yang anggarannya pas-pasan tentu ini pilhan dilematis.

Yuk kita bahas dari kalender meja terlebih dahulu. Dari sisi biaya produksi kalender meja biasanya tidak lebih murah dibanding kalender meja dengan kelas yang setara, karena biaya dudukan atau penyangga menjadi biaya yang sulit dibuat bersahabat. Ada sih sih versi ekonomisnya, yaitu dudukan dengan bahan duplex namun memang kurang kokoh dan elegan dari sisi tampilan. Kalender meja atau kalender duduk secara fungsi lebih personal, karena biasanya diletakan di meja kerja. Saat mendesain sebaiknya beri ruang untuk mencatat atau corat-coret. Kelander meja akan cocok untuk dijadikan semacam souvenir bagi klien tertentu yang mempunyai kedekatan atau ingin dibuat dekat dengan perusahaan. Ukuran yang umum digunakan adalah 21 x 15 cm, 24 x 17 cm, 21 x 10 cm atau 20 x 20 cm.

Kalender dinding cakupannya lebih luas karena dipasang di area atau tempat yang lebih bisa diakses banyak orang, memang tidak menutup kemungkinan di pasang di tempat yang lebih personal, tapi secara umum penempatannya bisa untuk dilihat banyak orang. Sehingga kalender dinding sangat cocok untuk tebar pesona. Dalam mendesain kalender dinding sebaiknya mempertimbangkan ukuran penanggalan yang lebih besar agar bisa dilihat dari jarak pandang. Tidak masalah menggunakan ukuran yang kecil semisal A3 namun dengan jumlah halaman yang lebih banyak, misalkan 6 halaman, agar tanggal tetap jelas terlihat. Jika kalender dinding hanya dalam 1 lembar, sebaiknya pilih ukuran yang besar minimal kalender ukuran A2 atau 60 x 42 cm.

Percetakan Kalender Terdekat

Orang cenderung untuk mencari percetakan yang terdekat, hal ini sangat wajar karena jarak akan memudahkan pelanggan untuk memesan, konsulatasi dan memangkas biaya kirim. Namun tidak semua percetakan kalender terdekat bisa memberikan layanan yang diinginkan, harga yang pas dan kemampuan cetak yang mumpuni. Untuk itulah percetakan Lima Warna hadir sejak 2008, kami ada untuk memberikan layanan yang prima secara online maupun offline, dengan hasil cetak yang berkualitas dan kemudahan dalam pengiriman. Sudah jutaan lembar yang kami cetak, dimana lembaran tersebut tersebar ke nusantara. Karena kami siap membantu pengiriman dengan aman ke dalam mapun luar kota semisal Pontianak, Banjarmasin, Manado, Palembang, Lampung, Jambi, Tegal, Slawi, Purwokerto, Pemalang, Cirebon, Papua, Manowari, Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Cibinong, Jayapura, dan kota atau daerah lain.