Daftar Harga Cetak Buku
ilustrasi cetak buku di percetakan.id

Daftar Harga Cetak Buku A5

Halaman >>1.000 pcs2.000 pcs3.000 pcs
80 hal7.8006.6006.200
100 hal9.2007.8007.700
120 hal10.5008.5008.200
140 hal11.1009.3009.000
160 hal12.60010.1009.700
180 hal14.00011.80011.100
200 hal15.30012.50011.600
220 hal16.20013.60012.700
240 hal17.50014.20013.200
260 hal19.00015.50014.700
Spesifikasi; Ukuran 13 x 20 (tertutup)), Book paper 72 gsm, isi cetak1 warna, perfect binding (lem punggung), Cover Art carton atau ivory cetak full color + laminating, Wrapping, tidak termasuk jasa desain, Untuk spesifikasi lain mohon hubungi kami…

Walaupun e-book makin marak, cetak buku tetap semarak. Buku dalam artian “sesungguhnya” tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang. Kenyamanan dalam membaca menjadi kuncinya. Pengalaman membaca melalui buku yang dicetak juga sangat dirasakan berbeda. Namun bagi kami maraknya e-book menjadi pemicu untuk memberikan layanan cetak yang lebih prima agar buku secara fisik tetap menjadi pilihan utama.

Jenis Kertas apa yang tepat untuk cetak buku?

Saat ini ada beragam pilihan kertas yang tersedia di industri cetak buku, mulai dari art paper, matt paper, HVS hingga book paper. Untuk menentukan kertas yang digunakan sebaiknya mempertimbang beberapa hal, seperti genre buku, desain buku, sasaran pembaca, dan tentu budget, karena tidak dipungkiri harga cetak buku cukup terpengaruh dengan pemakain jenis kertas.


Untuk buku yang lebih dominan dengan text, seperti buku fiksi, novel, komik, buku pengetahuan dan sejenisnya yang biasanya dicetak dengan tinta hitam, kertas jenis book paper akan lebih cocok. Sudah banyak tulisan yang membahas tentang keunggulan jenis book paper, diantaranya adalah lebih ringan dibanding kertas lainya dengan tebal yang sama,sehingga akan lebih efesien jika didistribusikan. Selain itu book paper yang mempunyai warna dasar agak cream kekuningan lebih nyaman dibaca dan tidak cepat membuat lelah mata. Gramatur kertas book paper yang tersedia dipasaran adalah 55, 60, 72 hingga 90 gsm.


Untuk buku yang mempunyai banyak gambar berwarna atau ilustrasi penuh warna, cocok menggunakan Art paper. Jenis kertas ini merupakan coated paper, sehingga saat cetak buku tidak terlalu banyak menyerap tinta dan berdampak pada warna yang bright dan cerah. Tampilannya juga akan lebih mewah dan luxury. Penggunaan kertas ini banyak diaplikasikan untuk majalah, buku tahunan sekolah/kampus, buku fotografi, buku obyek wisata dan buku lainya yang memang akan lebih maksimal jika dicetak dengan fullcolor. Varian dari art paper yang masih merupakan saudara adalah mat paper. Kertas ini mirip karkaternya, namun tampilannya tidak mengkilap, sehingga cocok untuk buku yang banyak berisi text dan gambar. Perbedaan tersebut sekaligus jadi keunggulan, karena akan lebih nyaman dibaca, tidak membuat mata cepat lelah karena tidak silau. Tebal kertas jenis ini umumnya, 85, 100, 120 dan 150 gsm. Jika menggunakan kertas ini biaya pembuatan buku akan lebih besar karena harganya lebih mahal dibanding HVS maupun book paper.


Kertas HVS kadang digunakan untuk keperluan cetak buku yang lebih bersifat formal seperti buku panduan, diktat, modul dan lainnya. Penampilannya yang putih bersih jadi nilai tersendiri. Namun penggunaan kertas pada akhirnya kembali ke selera juga, karena tidak ada rule yang pasti buku jenis tertentu harus dicetak dengan kertas tertentu.

yuk cetak buku ful color di percetakan.id

Model Jilid yang tepat untuk cetak buku

Ada beberapa model atau teknik penjilidan, antara lain jahit kawat (stepless tengah), perfect binding dan jahit benang. Lalu mana yang tepat? Tergantung tebal buku dan tebal budget, karena model jilid sedikit banyak berimplikasi ke harga cetak buku.


Steples tengah atau jahit kawat digunakan untuk buku yang halamannya tipisi dan tidak terlalu tebal, antara 16-40 halaman tergantung dari jenis kertas dan gramatur yang dipakai. Jumlah halaman untuk jenis ini harus kelipatan 4, semisal 16, 20, 24, 28, 32, 36, 40 dan seterusnya. Jika halamannya kurang dari itu maka dibulatkan ke atas dan akan ada halaman kosong, agar hal tersebut tidak terjadi rencanakan dengan matang konten dan layoutnya. Kelebihan dari jiid model adalah lebih awet dan kuat, walau dibuka tutup ribuan kali.


Perfect binding, atau dikenal juga dengan lem punggung karena yang dilem adalah bagian punggung buku. Istilah lain adalah lem panas, penamaan ini karena bentuk awal lemnya adalah padat berbentuk tuliran yang kemudian saat pengaplikasannya dipanaskan dahulu agar meleleh. Model jilid ini sangat sempurna untuk menampilan sebuah buku karena buku menjadi lebih rapi. Kekuatannya pun cukup lumayan untuk menjilid buku dengan kertas tipis semisal book paper atau HVS. Namun jika diterapkan pada kertas jenis art paper atau matt paper perlu perhatian khusus apalagi jika yang digunakan adalah kertas diatas 120 gsm. Lem yang digunakan harus lem berkualitas agar awet dan tidak mudah terlepas. Tebal buku yang bisa dijilid dengan model perfect binding minimal 0.4 cm, kurang dari itu tidak disarankan. Saat memutuskan cetak buku dengan model jilid perfect binding, ukur dengan cermat lebar dari punggung buku, agar pas dan sempurna. Jika tidak diukur dengan benar hingga terlalu lebar dari ukuran semestinya, maka warna bagian punggung bisa bergeser ke bagian cover depan atau cover belakang. Sebaliknya jika terlalu kecil, desain bagian cover akan tertarik ke bagian punggung. Untuk menghindari dan menimalisir hal ini bisa diakali dengan memberikan warna yang sama antara warna punggung buku dengan warna bagian depan/belakang cover, dimana ketika terjadi kesalahan ukur akan tetap kelihatan rapi.


Jahit benang menjadi alternatif yang cukup baik untuk penjillidan buku yang tebal dan atau menggunakan kertas bergramatur tebal. Untuk cetak buku dengan softcover biasanya dikombinasikan dengan perfect binding agar lebih kuat dan sempurna. Sementara untuk buku hardcover bersifat opsional, bisa dengan perfect binding agar lebih kuat dan rapi atau tanpa tambahan lem panas untuk menghemat biaya cetak buku. JIlid jahit benang mempunyai durability yang cukup bagus sehingga cukup kuat dan sulit lepas kertas dari jilid.

Ukuran buku

Saat membaca buku kebanyakan orang tidak memedulikan ukuran buku yang dibaca, namun saat kita cetak buku, ukurana menjadi hal penting. Karena akan mempengaruhi kenyamanan pembaca, juga akan berimplikasi pada biaya pembuatan buku. Ukuran yang tepat akan berimbas pada pemakaian kertas yang efektif, sebaliknya ukuran buku yang tidak tepat akan membuat sisa kertas yang tak terpakai menjadi semakin banyak. Ada banyak ukuran buku yang beredar tergantung dari genre dan kebijakan penerbit buku.

  1. Novel : 13 x 20 cm, 13 x 20 cm, 13 x 19 cm, 13 x 20.8 cm
  2. ″Anak-anak: 7.5″ x 7.5″ (19.05 x 19.05 cm), 7″ x 10″ (17.78 x 25.4), 10″ x 8″ (25,4 x 20.32 cm), dll
  3. Buku umum : A4, A5, A6, B3, B6
  4. Fiksi :4.25″ x 6.87″ (10.8 x 17.44 cm), 5″ x 8″ (12.7 x 20.32 cm), 5.25″ x 8″ (13.33 x 20.32 cm) , dll
  5. Non-fiksi: 5.5″ x 8.5″, 6″ x 9″, 7″ x 10″

Layout/Desain buku pakai software apa?

Mendesain buku berbeda dengan desain pada umumnya, karena buku memiliki banyak halaman, sebaiknya menggunakan software yang khusus untuk melayout / mendesain buku semisal adobe indesign, page maker atau sejenisnya. Karena memiliki fitur dan plugin berlimpah yang sangat memudahkan pekerjaan buku. Hasil desainnya pun akan memudah percetakan buku mencetak dengan hasil yang maksimal. Terlebih jika desainernya sudah mengerti perihal pre press semisal bleed, margin, warna dan lainnya. Sebaiknya tidak menggunakan adobe photoshop untuk mendesain isi buku, apalagi untuk cetak buku dengan text kecil dan tipis. Karena berbasiskan bitmap/pixel maka hasil cetaknya ketika dicetak di percetakan offset kurang tajam dan rentan bergeser warna (unregister). Cover buku tidak masalah didesain di photoshop, kerapkali dibutuhan fitur untuk olah gambar dan efek-efek tertentu yang banyak tersedia di photoshop, namun untuk buku sebaiknya dihindari. Jangan sampai biaya pembuatan buku yang mahal, hasilnya kurang maksimal karena salah pilih software layout.

Berapa harga cetak buku?

Biaya pembuatan buku cukup beragam dari harga di bawah Rp 3.000,-/exemplar hingga di atas Rp 50.000,- /pcs tergantung dengan spesifikasi dan jumlah buku yang dicetak. Spesifikasi yang dimaksud diantaranya ukuran (cetak buku ukuran A5 tentu berbeda harganya dengan cetak buku ukuran A4), jumlah halaman, jenis kertas, cetak buku full color atau cetak hitam putih, model jilid, finishing cover dan sejenisnya. Untuk quantity jika dicetak di percetakan offset akan sangat berbeda antara dicetak di bawah 500 pcs dengan buku yang dicetak di atas 5.000 pcs. Di atas kami sudah tampilkan daftar harga atau price list biaya cetak buku dengan spesifikasi yang umum. Jika memerlukan info harga cetak buku dengan spesifikasi yang lain silahkan menghubungi kami.

Perhatikan hal ini saat cetak buku

Persiapan cetak buku terutama pada tahap pre-press sangat vital, karena akan menentukan kualitas cetak, kerapihan buku, dan ketepatan waktu cetak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :Berapa harga cetak buku?

  • Bleed, saat mendesain buku usahakan selalu memberikan bleed pada setiap sisinya 2-3 mm. Bagi kami ini wajib, jika tidak ada maka biasanya akan kami edit agar ada bleednya. Namun tentu akan menambah biaya cetak buku dan menambah waktu pengerjaan.
  • Margin, berikan margin yang cukup untuk setiap sisi. Pertimbangkan untuk memberi margin yang lebih besar pada bagian dalam buku, karena pada area tersebut perlu space untuk jilid agar area text tetap terbaca dengan baik. Terutama jika buku akan dijilid dengan perfect binding. Pada bagian luar, usahakan jangan terlalu mepet ke pinggir menghindari resiko terpotong saat trimming. Untuk margin berbeda setiap ukuran buku, cetak buku ukuran B6 tentu berbeda dengan cetak buku ukuran B5.
  • Warna Text. Untuk text pada bagian isi atau konten utama cukup menggunakan 1 warna. Jika warna hitam, gunakanlah komposisi black 100% C : 0 %, M : 0%, Y : 100%, atau turunan warna black untuk warna abu-abu, misalkan 80% – 5%. Jangan menggunakan rich black atau warna hitam hasil dari perpaduan warna CMYK. Memang pada layer Nampak lebih pekat, namun saat dicetak ada kemungkin warnannya jadi berbayang. Sementara text lain yang ukurannya lebih besar sebaiknya menggunakan warna yang terdiri dari gabungan CMYK agar lebih pekat.
  • Selalu Gunakan gambar beresolusi tinggi, idealnya 300 dpi agar kualitas cetak tajam dan jelas. Hindari penggunaan gambar dari web, karena rata-rata gambar tersebut sudah dioptimasi agar ringan, artinya resolusinya sangat rendah (72 dpi ke bawah). Biaya cetak buku yang banyak bisa ambyar karena kualitas gambar yang kurang baik.

Haruskan cetak buku di percetakan khusus buku?

Tentu lebih baik mencetak di percetakan yang memang khusus mencetak buku. Namun pada umumnya percetakan sudah biasa mencetak apapun termasuk buku. Jadi tidak masalah mencetak buku di percetakan umum asalkan percetakan tersebut sudah mempunyai pengalaman cetak buku dan bisa dipercaya. Karena ketika orang mencari percetakan, biasanya mempunyai beberapa pertimbangan yang berbeda. Diantaranya, ada yang memilih percetakan buku terdekat, ada yang lebih mementingkan harga cetak buku yang murah, ada yang tidak masalah dengan biaya pembuatan buku asal hasil cetak berkualitas, ada yang mensyaratkan harus ada jaminan atau rekomendasi kawan, saudara atau kolega. Percetakan Lima Warna bisa menjadi pilihan, karena kami memiliki pengalaman yang Panjang walaupun bukan mengkhususkan diri menjadi percetakan buku. Harga cetak buku yang kami tawarkan pun cukup kompetitif dan bersaing dengan kualitas yang cukup baik. Jika ada di daerah bekas atau Jakarta Timur, maka kami bisa jadi merupakan percetakan buku terdekat. Untuk wilayah lain semisal Depok, Cibubur, Jakarta, Cikarang, Tambun, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Cibinong dan sekitarnya juga masih terhitung dekat, karena lokasi kami mudah diakses dan dekat dengan pintu tol Jatiwarna. Biaya cetak buku di daerah kadang masih cukup tinggi, jangan khawatir soal pengiriman karena kami bisa mengirim hasil cetak buku ke berbagai daerah semisal Banjarmasin, Riau, Lampung, Balikpapan, Medan, Cirebon, Tegal, Indramayu, Manado, Kendari, Pontianak, Jayapura, Jambi, Purwokerto, Palembang, Banyuasin, dan daerah lainya di Indonesia.

buku hardcover
Ilustrasi cetak buku Hardcover