file desain
dan hasil cetak

Untuk hasil maksimal kami menyarankan file berbasis vector dalam format : adobe ilustrator, adobe indesign, corel draw, freehand, atau pdf (dengan high quality resolution). Alternatif kedua dalam format file berbasiskan bitmap dengan resolusi minimal 300 dpi dalam ukuran yang sebenarnya (actual size) semisal tiff, jpeg, dan psd. Dari keduanya kami prefer ke alternative pertama yang berbasiskan vector.

File dengan basic vektor adalah yang paling baik untuk cetak offset. Masalah yang sering muncul ketika membuka file tersebut di komputer yang berbeda adalah missing font dan missing link. Karena itu, penting bagi para desainer grafis untuk selalu menyertakan folder font & image yang digunakan ketika mengirimkan file ke percetakan.

Tetapi, ada cara yang lebih aman, yaitu menyimpan file dalam format PDF High Resolution. Jika kita sudah save dalam bentuk format PDF maka file tersebut tidak akan meminta font ataupun image lagi.

Format PDF inilah format terbaik untuk file cetak. Kelebihan lainnya dari format ini adalah format PDF tersebut akan mengikuti bawaan file aslinya. Maksudnya, jika Anda mengerjakan di adobe photoshop yang berbasis pixel maka file PDF tersebut akan berbentuk pixel, namun jika Anda membuatnya di adobe illustrator yang berbasis vector maka file PDF tersebut akan berbentuk vector.

Catatan: File PDF kami sarankan jika filenya sudah ada BLEED masing-masing sisi minimal 2 mm. Jika ada teks, lebih aman lagi jika sebelum di save ke format PDF, semua teks tersebut di Create Outlines. Karena pada beberapa kasus, font masih dapat berubah ketika berpindah komputer.

Warna RGB (warna additive) adalah warna yang bertujuan untuk mempresentasikan gambar secara visual pada peralatan elektronik seperti televisi, proyektor, dan monitor komputer. Layar pada monitor menggunakan model warna RGB karena tampilan monitor komputer berlatar belakang warna hitam. Jadi, warna Red, Green, dan Blue berfungsi untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar gelap (hitam ). Namun, warna CMYK yang merupakan warna substractive diciptakan untuk tampil seimbang diatas permukaan putih seperti kertas.

Memahami perbedaan RGB dan CMYK adalah komponen penting dalam dunia desain grafis. Kesalahan dalam hal pewarnaan tersebut membuat hasil cetak menjadi tidak maksimal. Permasalahan ini sering terjadi dalam dunia grafis saat desain yang telah dibuat menggunakan software desain akan dilanjutkan kepada proses produksi. Desain yang telah terlihat menarik pada layar menjadi percuma jika desainer grafis lemah dalam pengetahuan mengenai proses produksi sehingga hasil yang terlihat saat dicetak menjadi kurang menarik.


Tidak bisa. Monitor dan hasil cetakan memiliki spektrum warna yang sama sekali berbeda (RGB vs CMYK). Selain itu, faktor pencahayaan ruangan pun akan berpengaruh terhadap tampilan warna monitor, misalnya saja saat di ruangan ada lampu berwarna kuning, maka monitor akan mengeluarkan warna kebalikan dari kuning, yaitu kebiruan. Jadi, apa yang dilihat oleh mata kita sebenarnya tidak fix. Karena itu, yang dapat kita lakukan adalah mempelajari komposisi warna CMYK dengan benar. Ketika kita fasih menggunakan komposisi warna CMYK dengan benar, maka hasil cetak akan mendekati dengan yang diharapkan.

Tidak bisa. Setiap file yang dikirimkan akan melewati proses pemeriksaan terlebih dahulu. Jika file sudah layak cetak & down payment telah kami terima, maka barulah file tersebut bisa diproses untuk produksi.
  1. Menggunakan format CMYK (pastikan angka komposisi CMYK kelipatan 5)
  2. Buat ukuran lembar kerja sesuai dengan spesifikasi hasil akhir yang diinginkan
  3. Resolusi 300 dpi (high resolution)
  4. Bleed 3 mm tiap sisi
  5. Jika ada link image, pastikan link image tersebut dalam format TIFF
  6. Create outlines semua teks & sertakan font yang dipakai
  7. Save as PDF high resolution
Pada dasarnya format ini bukan diperuntukan untuk standart cetak, jadi kami sangat tidak menyarankan. Yang sangat umum terjadi adalah resolusi gambar yang tidak maksimal dan kemungkin perubahan layout yang tidak terkontrol karena berbagai faktor, semisal missing font. Jika customer memaksa, kami dapat melayout kembali namun resiko sepenuhnya ditanggung pemesan. Untuk itu teliti kembali hasil layout kami sebelum dicetak.

Pada umumnya, image yang berasal dari google atau pinterest adalah image low resolution. Jadi, sebaiknya tidak dipakai untuk menjadi file cetak. Atau untuk memastikannya bisa dicek, jika resolusi kurang dari 300 dpi, sebaiknya tidak digunakan.

Bila Anda membutuhkan image-image high resolution, Anda dapat mencarinya melalui freeepick, shuterstock, unsplash, pexels, pixabay, dan sejenisnya.

 


Tidak layak. Jika ukuran image Anda hanya memiliki resolusi 72 dpi atau 150 dpi, maka hasil cetak akan pecah (tidak tajam). Anda bisa mendapatkan image-image high resolution berkualitas baik melalui website seperti Shutterstock, Unsplash, Pexels, dan masih banyak lagi lainnya.


Istilah “kurang cerah” adalah ungkapan yang sangat general. Hasil cetak bisa menjadi kurang cerah karena banyak faktor, yang paling sering terjadi adalah karena:

File desain dibuat dalam format RGB, sedangkan mesin printing menggunakan format CMYK
Patokan dari monitor. Lihat penjelasan mengenai warna monitor disini
Bahan yang dipilih adalah tipe uncoated
Faktor cahaya di ruangan Anda
Serta masih banyak faktor yang dapat mempengaruhi mata manusia

Ya dan tidak. Dummy karena sifatnya satuan, biasanya dibuat dengan teknik cetak digital.

Ya berlaku jika metode yang Anda pilih untuk hasil akhir adalah cetak digital.
Tidak berlaku jika metode yang Anda pilih untuk hasil akhir adalah cetak offset (Pada case ini harus ada toleransi warna)

Tidak bisa. Monitor dan hasil cetakan memiliki spektrum warna yang sama sekali berbeda (RGB vs CMYK). Selain itu, faktor pencahayaan ruangan pun akan berpengaruh terhadap tampilan warna monitor, misalnya saja saat di ruangan ada lampu berwarna kuning, maka monitor akan mengeluarkan warna kebalikan dari kuning, yaitu kebiruan. Jadi, apa yang dilihat oleh mata kita sebenarnya tidak fix. Karena itu, yang dapat kita lakukan adalah mempelajari komposisi warna CMYK dengan benar. Ketika kita fasih menggunakan komposisi warna CMYK dengan benar, maka hasil cetak akan mendekati dengan yang diharapkan.


Ya, kami melakukan pengecekan terhadap setiap file yang masuk ke Uprint.id. Bila file desain Anda bermasalah, maka Account Specialist kami akan menghubungi Anda.

Ya, ada. Warna-warna tersebut adalah: 

  • Biru
  • Toska
  • Ungu
  • Coklat
  • Abu-abu
    Mengapa? Karena bayangan warna-warna ini jatuh sangat dekat dengan retina mata manusia. Jadi, perbedaan sedikit saja akan terlihat jelas oleh mata manusia.
Solusi yang dapat Anda gunakan agar hasil cetak tetap bisa bagus adalah: Menambahkan tekstur di atas warna beresiko tersebut (misal: tekstur concrete, tekstur kertas/perkamen, tekstur watercolor, dan sejenisnya) Menambahkan seamless pattern yang memilik detail & kerapatan tinggi Tujuan dari penambahan tekstur atau seamless pattern ini adalah untuk mengecohkan mata (eye distraction). Mengapa? Karena bayangan warna biru, toska, ungu, coklat, & abu-abu jatuh sangat dekat dengan retina mata manusia. Inilah penyebab mengapa mata kita bisa sangat sensitif terhadap warna-warna ini…jadi sedikit belang saja, akan cepat sekali terdeteksi oleh mata manusia. Bila budget Anda cukup, bisa juga dengan menggunakan opsi penggunaan fancy paper yang bahan dasarnya sudah memiliki warna biru, abu-abu, ungu, coklat lalu digabungkan dengan teknik cetak UV.
Untuk mendesain sebuah buku, program desain yang paling cocok untuk digunakan adalah Adobe In-design. Untuk kebutuhan layout, software ini sangat direkomendasikan karena: Keseluruhan halaman dapat dilihat langsung dalam satu dokumen Shortcut sama dengan Adobe Illustrator. Jadi, jika Anda familiar dengan Adobe Illustrator, maka pasti Anda akan dengan mudah menguasai Adobe In-design Ringan digunakan. Jika Anda membuat halaman-halaman buku menggunakan Adobe Illustrator, niscaya file Anda akan menjadi sangat berat & kinerja komputer melambat. Permainan teks yang mudah. Adobe In-design ini diciptakan sangat canggih untuk keperluan membuat layout, jadi mulai dari paragraph style hingga penomoran halaman dapat di setting dengan sangat mudah.

Jika menginginkan sampel cetak atau mock up dari produk yang akan dipesan, kami bisa membuat dan mengirim sampel cetak tersebut ke tempat anda. Begitu juga jika menginginkan sampel hasil cetak offset kami atau sampel cetak yang sudah pernah kami cetak silahkan hubungi kami.


Bilamana sampel cetak bisa kami kirimkan?
Jika sudah ada kesepakatan harga

Bagaimana cara mendapatkan sampelnya?
Silahkan kirim file desainnya kami akan buatkan dan kirimkan ke alamat pemesan.

Apakah di kenakan biaya?
Untuk order dengan nominal tertentu tidak dikenakan biaya, tapi mungkin biaya kirim ditanggung pemesan.

Apakah hasilnya sama 100% dengan hasil cetak massal nantinya?
Untuk bahan akan sama, kecuali jika dalam kondisi tertentu (kami akan berikan catatan). Untuk warna cetak kemungkinan ada perbedaan, kesamaan warna ada di kisaran 70-99%, perbedaaan ini dikarenakan karena perbedaan mesin yang digunakan, sampel cetak menggunakan mesin digital offset (Konica) sementara saat cetak massal menggunakan mesin offset Heifdelberg. Secara umum perbedaan warna masih bisa ditoleransi. 

Apakah ukurannya akan sama nantinya?
Sebisa mungkin kami buat sama, hanya saja karena keterbatasa ukuran mesin digital, untuk produk yang ukuran area cetaknya melebihi 31 x 47 cm, kami akan perkecil menyesuaikan dengan ukuran maksimal mesin cetak digital yang tersedia.

Saya hanya ingin tahu contoh produk tapi belum sepakat dengan harga, bisa saya lihat contohnya dahulu?

Bisa, silahkan datang langsung ke tempat kami 


Tidak 100%, biasanya beda mesin dan jenis tinta akan menghasilkan warna yang berbeda juga. Jika dummy dihasilkan dari mesin offset atau digital offset biasanya akan menghasilkan kemiripan dalam rentang 70-99%.


Sebagian besar akan memiliki warnanya yang sama. Namun biasanya akan tetap ada perbedaan di antara lembar cetak. Perbedaan ini biasanya masih dalam batas toleransi, dimana ketika lembar cetak itu diperlihatkan secara bergantian (tidak bersamaan), maka anda tidak melihat perbedaan tersebut.

Sebagian besar akan memiliki warnanya yang sama. Namun biasanya akan tetap ada perbedaan di antara lembar cetak. Perbedaan ini biasanya masih dalam batas toleransi, dimana ketika lembar cetak itu diperlihatkan secara bergantian (tidak bersamaan), maka anda tidak terlalu melihat perbedaan tersebut.

Kami selalu berupaya memberikan kualitas dan layanan maksimal. Mesin cetak yang kami gunakan adalah mesin yang menurut kami terbaik di kelasnya. Mesin tersebut mempunyai kemampuan cetak 4 warna sekaligus, sehingga kami dapat lebih mudah mengontrol kualitas cetak. Pada prinsipnya kami ingin memberikan layanan prima untuk setiap pelanggan, namun jika hasil cetak kami tidak memenuhi standar yang kami janjikan dan terdapat kesalahan yang tidak ditoliler dari pihak percetakan, kami akan mencetak ulang pesanan tersebut tanpa adanya tambahan biaya. Apabila sumber kesalahan ada pada pihak pemesan, klaim penggantian (cetak ulang) tidak berlaku. Oleh karena itu demi kebaikan bersama mohon menginformasikan dengan detail hasil percetakan yang diinginkan dan chek kembali materi cetak sebelum diproses.