7 Tips Desain dan Cetak Kalender

Kalender tidak lepas dari keseharian kita. Dengan adanya kalender membuat kita lebih mudah dalam mengorganisir dan merencanakan pekerjaan mana yang harus diselesaikan, melihat tanggal deadline waktu pekerjaan, dan lain-lain. Kalender secara tidak langsung mempermudah kita dalam mengatur dan merencanakan semua aktivitas .
DI era digital yang mana kalender ada di hampir setiap perangkat, Cetak kalender tetap menjadi rutinitas tahunan bagi sebagian besar perusahaan. Kalender merupakan salah satu media promosi dan branding satu perusahaan. Untuk itu kalender sebaiknya didesain da dicetak dengan semenarik mungkin. Membuat kalender yang sekedarnya saja atau asal-asalan hanya akan membuang biaya sia-sia. Karena goal dari cetak kalender kemungkinan besar tidak terwujud.

Kalender dengan desain dan kualitas cetak yang buruk jarang di pasang atau dipakai kecuali terpaksa karena tidak ada klender lain. Selain memberi efek kurang bagus untuk perusahaan, juga buat interior dimana kalender terpasang.
Desain kalender 2022 sudah bisa di persiapkan mulai dari sekarang, agar lebih terencana dan waktu dalam revisi desain bisa leluasa. Apabila dalam desain kalender 2020 tidak bisa dilakukan sendiri, ada baiknya di berikan kepada desaner atau percetakan yang sudah berpengalaman. Agar menghasilkan desain kalender menarik dan berkualitas.

  1. Tentukan Tema Kalender
    Tanpa sebuah tema, kalender hanya bernilai seperti kertas biasa yang hanya menunjukan hari dan tanggal saja. Pemilihan tema yang tepat secara tidak langsung juga dapat memperkenalkan jati diri perusahaan Anda di mata konsumen. Karena kalender fusngi utamanya adalah branding dari perusahaan, jadi Pastikan Anda memiliki sebuah tema yang menarik yang dapat diaplikasikan secara konsisten terhadap keseluruhan kalender. Tema yang Anda pilih sebaiknya adalah tema yang mewakili perusahaan Anda. Tapi pastikan bahwa tema tersebut tidak bersifat terlalu korporat sehingga tetap terlihat menarik bagi yang menerima kalender Anda.
  2. Tentukan jumlah halaman/lembar
    Kalender umumnya terdiri dari 7 – 26 halaman. Idealnya kalender dinding terdiri dari 7-13 halaman, sementara kalender meja 14- 26 halaman. Pada kalender dinding terdiri dari cover depan dan isi, dimana isi kalender bisa 2 bulan per lembar atau 1 bulan perlembar. Hal ini tentu tergantung budget dan konsep desain.
  3. Pilih gambar terbaik
    Gambar biasanya menjadi elemen utama kedua setelah tanggal atau kalender itu sendiri. Pilihlah gambar dengan resolusi yang cukup agar hasil cetak lebih maksimal. Hindari pengunaan gambar yang kurang pencahayaan agar hasil cetak tidak gelap dan kusam. Penggunaan gambar sebaiknya tidak telalu banyak dalam satu halaman, karena akan menggangu dan terlalu ramai. Jika ada beberapa gambar dalam satu halaman, jadikan salah 1 gambar lebih besar dan menonjol.
  4. Kombinasi Warna
    Warna merupakan salah satu utama di dunia desain grafis. Tidak heran apabila desain kalender 2020 juga harus memiliki kombinasi warna yang bagus dan tepat, agar sebuah desain terlihat indah dan elegan. Sehingga harus bisa memilih warna apa yang cocok dipadukan dengan logo dan ciri dan identitas perusahaan.
  5. Ukuran Kalender
    Kalender dinding umumnya berukuran A3+, B3, B2 atau A2. Untuk kalender meja biasanya berukuran A5 atau B5. Alternatif lain bisa dipilih ukuran 20 x 20 cm atau berbentuk persegi. Pemilihan ini tentu tergantung kebutuhan dan konsep yang diiginkan perusahaan. Misalkan jika yang dipilih ukuran A5. Sebaiknya tidak menggunakan jenis huruf yang rumit dan ukuran yang terlalu besar ataupun terlalu kecil, sambil mengupayakan minimal setengah bagian halaman kosong demi menyediakan ruang bagi pengguna untuk mencatat.
  6. Jenis Kertas
    Umumnya kertas yang digunakan cetak kalender adalah coated paper seperti matt paper atau art carton. Jenis kertas tersebut banyak tersedia di pasaran dengan gramatur yang beragam. Dari sisi penampilan hasil cetak cukup bagus dan harganya pun murah serta terjangkau. Agar berbeda dan eye catching mungkin bisa dipertimbangkan kertas fancy paper yang bermotif dan bertextur. Dengan konsep desain yang tepat kertas ini menghasilkan kalender yang eksklusif dan elegan.
  7. Pilih teknik cetak yang sesuai
    Jika telah selesai mendesain kalender, maka tahap berikutnya adalah tahap cetak dan produksi. Jika rencana cetak untuk quantity terbatas sebaikanya menggunakan digital printing, namun jika akan cetak dalam jumlah yang lebih dari 300 pcs, maka percetakan offset bisa menjadi pilihan yang tepat. Perlu info harga cetak kalender dengan Teknik cetak offset? Lima Warna adalah percetakan