5 Tips Desain dan Cetak Poster

Walaupun perkembangan media cetak semakin tergerus dengan kehadiran media digital, namun penggunaan poster dalam bentuk media cetak masih memiliki nilai lebih karena tidak perlu dikunjungi secara khusus seperti pada media digital. Sebagai contoh, penggunaan poster lebih menguntungkan jika targetnya adalah kalangan yang mayoritas tidak memiliki perangkat digital. Selain itu, poster bisa ditempelkan di tembok atau majalah dinding di sekolahan ataupun kampus, sehingga orang yang berlalu lalang dapat melihatnya meski sekilas.

Keunggulan tersebutlah yang membuat cetak poster dapat mempertahankan eksistensinya. Tetapi, agar tercapai tujuan poster secara maksimal, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika kita merancang  poster agar dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

1. Eye catching

Desain poster sedemikian rupa agar menarik perhatian dalam sekali pandang. Salah satu caranya dengan penggunaan kontras yang tinggi antara elemen dalam poster. Anda bisa meninggalkan palet warna yang monoton serta gradien yang pucat dan tak menarik. Sebaliknya, dengan memilih warna-warna kontras yang lebih berani. Pikirkan pula penggunaan warna background penuh sehingga poster anda dapat menonjol dibandingkan dengan poster lainnya.

2. Gunakan  Satu Ilustrasi  Obyek Besar atau Dominan

Mulai dari foto, ilustrasi, atau teks, sebuah gambar besar yang dominan adalah salah satu tips untuk menghasilkan desain poster yang baik. Gambar harus bisa terlihat atau minimal secara sekilas dapat menggugah dari kejauhan. Ketika kita membuat poster, anda bisa memilih sebuah gambar muka atau elemen close up, ilustrasi tunggal, ataupun titik fokus utama yang tajam dan lengkap dengan tipografi menarik. Setelah anda memilih gambar tersebut, berhati-hatilah dalam memilih layering-nya. Gambar yang dipilih harus memiliki kontras yang cukup agar nantinya mudah dibaca.

3. Sediakan Space Luas

Dalam membuat poster, pastikan anda memberikan space yang cukup luas di antara elemen-elemen yang terdapat pada poster tersebut. Hal ini akan sangat mempengaruhi dampak visual dan juga kemudahan pembaca ketika membaca poster tersebut dari jauh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jaraknya di dalam desain poster sempurna, yakni jarak setiap huruf, antara garis dari teks, margin dalam poster, elemen poster seperti gambar dan teks, serta yang paling penting adalah elemen mana yang anda ingin dapat dilihat oleh orang lain lebih dulu.

4. Membuat Desain yang Mudah Dibaca dari Kejauhan

Kunci utama dari pembuatan desain poster yang sempurna adalah pastikan bahwa poster tersebut dapat dibaca dari kejauhan oleh orang yang melihatnya. Agar mendapatkan poster yang seperti itu, pastikan kembali bahwa poster tersebut memiliki tiga komponen utama, yakni headline untuk teks utama dan harus jadi yang terbesar dalam poster, rincian informasi, dan terakhir adalah penjelasan menarik dari acara tersebut. Pilihlah font yang mudah dibaca dan mudah menarik perhatian orang yang melihatnya. Berikan informasi secara ringkas dan bedakan warna pada setiap komponen untuk memberikan fokus poin mana yang ingin disampaikan terlebih dahulu.

5. Mempertimbangkan Ukuran dan Lokasi Poster Akan Ditempatkan

Selain warna dan jenis tulisan, ukuran poster dan lokasi penempatan poster tersebut juga tidak kalah penting untuk anda diperhatikan. Sebagai contoh, jika poster anda akan digantung di dinding berwarna kuning, pastikan poster anda tidak menggunakan warna yang sama dengan dinding tersebut, kuning. Pilihlah warna-warna kontras supaya desain poster anda tidak menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Meskipun ini adalah faktor eksternal, hal ini sangat penting untuk menarik perhatian seseorang terhadap poster milik anda. Ukuran cetak poster yang umum dipakai adalah A1, A2, A3, B1, B2 dan B3.

sumber : https/blog.porinto.com/desain-poster-sempurn