6 Pertimbangan Agar Hasil Spot UV Lebih Maksimal

Harga yang mahal semestinya menghasilkan kualitas yang setimpal. Namun mahalnya biaya Spot UV tidak selalu selaras dengan hasil produk yang sesuai ekspektasi. Biasanya ini terjadi karena penerapan SPOT UV yang kurang tepat. Berikut 6 pertimbangan dalam penerapan Spot UV.

  1. Penerapan Spot UV akan maksimal jika dilakukan diatas media kertas yang sudah di lapisi dengan laminating doff. Hal ini karena efek Spot UV yang mengkilap akan lebih terlihat kontras dengan efek doff (matt). Selain itu resin yang digunakan Spot UV akan lebih melekat kuat di media yang sudah di laminating dibanding di kertas yang tanpa laminating. Walaupun dengan konsep desain tertentu spot UV tanpa didahului laminating akan tetap terlihat elegan, tapi secara umum di atas laminating doff akan lebih baik.
  2. Terapkan Spot hanya pada area yang special dan menonjol, usahakan diatas warna yang gelap agar efek mengkilap lebih kentara.Umumnya spot UV tidak lebih dari 25% dari keselurhan FA
  3. Spot UV pada area text besar, bentuk atau logo bisa dipertimbangkan menjadi spot UV diatas warna polos yang gelap .
  4. Spot di UV di atas warna gelap akan jauh terlihat dibanding warna terang
  5. Hindari text kecil atau garis tipis untuk area spot UV, kadangkala ada pergeseran dalam proses spot, sehingga akan sangat terlihat tidak rapi. Selain itu sebagian besar proses Spot UV dilakukan secara manual seperti sablon atau screen printing, sehingga tingkat akurasi dan presisinya tidak setinggi mesin.
  6. Sebaiknya tidak memilih  spot UV di area lipat atau trimming, karena lebih  rentan pecah dan rusak.