8 Model Lipat Brosur

Cara melipat brosur atau flyer
Ada banyak cara untuk melipat selembar kertas yang sudah dicetak. Berikut beberapa model lipat brosur, leaflet, pamflet yang dicetak pada satu lembar kertas.

  1. Lipat Tengah
    Sesuai dengan namanya, cukup lipat tengah halaman menjadi dua. Penutup depan (1) adalah panel kanan halaman pertama dan penutup belakang (2) adalah panel kiri halaman pertama. Kedua panel tersebut memiliki lebar yang sama.
  2. Lipat Tiga
    Disebut juga Trifolds, biasanya digunakan untuk acara pemasaran, layanan, atau produk. Panel dilipat satu sama lain untuk membentuk ukuran jadi. Ketiga panel tidak memiliki lebar yang sama karena Anda perlu mengimbangi ketebalan kertas pada lipatan dan toleransi mesin lipat. Untuk brosur atau pamflet ukuran 8,5 x 11, salah satu pendekatannya adalah dengan membuat bagian 3 yang terlipat ke dalam selebar 3,625 sedangkan 2 panel lainnya lebarnya 3,688. Beberapa printer menyarankan untuk membuat panel 2 sedikit lebih kecil dari panel 1. Untuk pengguna sistem metrik misalnya, halaman A4 yang lebarnya 297mm sering dilipat seperti ini: panel 3 lebarnya 98 mm, panel 2 berukuran 99 mm dan panel depan 1 lebarnya 100 mm.
    Anda dapat menggunakan panduan dalam aplikasi seperti InDesign untuk memvisualisasikan ini selama desain dokumen. Perlu diingat bahwa panel 2 adalah penutup belakang. Pengguna pertama kali melihat sampul depan (panel 1) dan kemudian saat membuka panel 3 sehingga kedua panel ini harus memiliki gaya yang serasi atau konsisten.
  3. Lipat Model Z
    Seperti namanya, lipatan ini menyerupai bentuk huruf Z yang zigzag. Setiap lipatan terbuka berlawanan arah dengan tetangganya, memberikan efek lipit atau serentak. Semua panel memiliki lebar yang sama.
  4. Lipatan Gate atau Lipatan Jendela
    Menyerupai pintu gerbang atau jendela. Prosesnya dilipat dua panel luar 1 dan 3 masing-masing lipat ke arah tengah. Ukurannya sedikit lebih kecil dari setengah lembar. Untuk lembaran 17 “x 11”, misalnya, panel 1 dan 3 memiliki lebar 4.21875 “sedangkan panel 2 lebarnya 8,5625”. Untuk ukuran terbuka A5 (210 x 148 mm) dilipat menjadi A6, panel 1 dan 3 memiliki lebar 52 mm dan panel 2 lebar 105 mm.
  5. Lipat Double Gate
    Konsultasikan dengan pihak Percetakan jika Anda ingin menyejajarkan gambar yang harus melewati panel dalam (1 dan 4 pada contoh di atas).
  6. Lipat paralel ganda
    Kertas dilipat menjadi dua dan kemudian setengah lagi. Panel dalam sedikit lebih kecil dari panel luar.
  7. Lipatan
    Ini adalah kombinasi dari dua lipatan setengah – Halaman pertama kali dilipat menjadi dua secara horizontal dan kemudian kembali secara vertikal. Skema lipat ini biasanya digunakan untuk kartu dan biasanya memiliki pencetakan hanya pada satu sisi.
  8. Lipatan zig-zag atau lipatan kipas
    Setiap lipatan terbuka berlawanan arah dengan tetangganya, memberikan efek lipit atau serentak. Biasanya, panel memiliki lebar yang sama meskipun ada printer yang menyarankan untuk membuat panel penutup depan sedikit lebih lebar. Gaya lipat ini tidak dapat dimasukkan ke dalam amplop dengan mesin.