8 Ukuran Poster pada Cetak Offset
ilustrasi poster A2

Sebenarnya tidak ada ukuran baku bagi sebuah Poster, karena ukuran poster berpulang kepada kebutuhan dan budget. Namun dalam bisnis percetakan ada ukuran yang standar dipakai secara umum. Ukuran ini banyak dipakai karena pertama masyarakat melihat ukuran ini proporsional dan pas, kedua menyesuaikan dengan kesediaan ukuran kertas dan mesin cetak.

Berikut adalah ukuran yang banyak dipakai di Indonesia

  1. Ukuran Poster A1 (84 x 59.4 cm). Poster ini termasuk ukuran yang besar, secara biaya produksi juga lebih mahal, namun worth karena dapat memuat informasi lebih banyak dan terlihat dari jarak yang lebih jauh. Biasanya dicetak dengan mesin Heidelberg SM 102, kertas yang disarankan adalah art carton 190 gsm atau lebih tebal. Kadang ukuran ini berkembang karena menyesuaikan dengan kertas yang tersedia menjadi ukuran 90 x 60 cm. Ingin tahu harga poster A1?
  2. Ukuran Poster A2 (59.4 x 42 cm). Masuk kategori medium poster.  Hemat kami ini adalah ukuran yang pas karena secara biaya produksi tidak terlalu tinggi dan ukuran cukup besar sehingga cukup mudah dibaca dan menarik perhatian. Biasanya dicetak dengan mesin Heidelberg SM 74. Kertas yang disarankan adalah art paper 150 atau lebih tebal. Poster ini kadang dibuat lebih besar sedikit menjadi 60 x 44 cm atau 64 x 43 cm karena harganya tidak jauh berbeda. Harga Poster A2
  3. Ukuran Poster A3 (42 x 29.7). Ini adalah poster yang ekonomis, karena sudah banyak mesin digital offset dengan low cost yang bisa mencetak ukuran ini, sehingga bisa dicetak satuan tanpa minimal order, hanya saja memang berukuran lebih kecil banding A2 atau A1. Pada perkembangannya ukuran ini menjelma menjadi ukuran A3+ yaitu ukuran 31 x 47 cm, karena menyesuaikan maksimal area cetak mesin digital offset. Kalau di percetakan Lima Warna kami menggunakan mesin Heidelber SM 52, lebih ekonomis jika dicetak dalam quantity besar (1.000 lembar ke atas)
  4. Ukuran Poster A4 (29.7 x 21 cm). Sebenarnya ukuran ini lebih tepat sebagai leaflet atau brosur
  5. Ukuran Poster B1 (70.7 x 100 cm). Poster ukuran besar ini secara biaya produksi  lebih mahal, wajar karena lumayan besar. Tidak banyak juga percetakan yang mempunyai mesin ukuran ini, yaitu mesin Heidelberg SM 102 atau dikenal dengan mesin 1 plano.
  6. Ukuran Poster B2 (70.7 x 50 cm ). Sama seperti A2, poster ini masuk kategori medium poster.  Menurut kami ini adalah ukuran yang worth  karena cost produksi tidak terlalu mahal dan ukuran lumayan besar . Biasanya dicetak dengan mesin Heidelberg SM 74. Kertas yang disarankan adalah art paper 150 atau lebih tebal. Untuk harganya bisa dichek di link berikut.
  7. Ukuran Poster B3 (35.3 x 50 cm). Lebih besar dari ukuan A3 atau A3+, namun tidak muat dimesin cetak digital printing seperti Konika Minolta, lebih umum dicetak di mesin offset Heidelber SM 52.
  8. Ukuran Poster B4 (35.3 x 25 cm). Sama seperti A4, ukuran ini terbilang kecil untuk sebuah poster sehinga jarang digunakan.