Cetak Buku masih diminati?
Cetak Buku berkualitas dengan harga hemat di Percetakan Lima Warna

Buku adalah jendela dunia. Membaca buku mengantar manusia untuk melihat dunia lebih luas, menambah wawasan dan pengetahuan. Di era kemajuan teknologi saat ini, membaca buku semakin dipermudah dengan adanya buku digital, sehingga kita tak perlu lagi membawa-bawa buku yang berat untuk membacanya.
Namun apakah benar buku digital lebih baik dibandingkan buku cetak? Setiap orang tentu mempunyai pengalaman dan kecenderungan tersendiri. Mari kita bedah secara ringan kedua jendela dunia tersebut

Buku cetak
Pertama, “Aroma kertas” bagi beberapa orang merupakan hal yang penting. Pembaca buku cetak memiliki experience tersendiri ketika membaca buku sambil menghirup aroma khas kertas, jilid kertas yang rapi, dan sensasi ketika membalikkan kertas. Semua hal itu tidak dapat dinikmati ketika membaca buku secara digital. Selain itu, ada perasaan yang menyenangkan apabila disekitar kita ada buku, meskipun kita tidak/belum membacanya.
Kedua, Legalitas sharing. Banyak dari kita yang seringkali saling pinjam buku dengan orang lain seperti saudara atau sahabat atau teman kerja, Kebiasaanya ini kemungkinan tidak terjadi jika ikut aturan buku digital yang hanya diperuntukan untuk satu akun saja. Sehingga tidak diperkenankan berbagi tanpa berbagi credential akun pribadi kita.
Ketiga, ilustrasi dan gambar. Buku yang dicetak diatas kertas dapat menampilkan gambar dan ilustrasi dengan sangat baik dibandingkan buku digital. Dengan demikian membaca buku berjenis fotografi maupun kuliner akan sangat menyenangkan.
Keempat, kemudahan dalam mencatat. Membuat catatan kecil pada buku cetak lebih mudah dibandingkan dengan buku digital. Pada buku cetak, kita dapat menggunakan pensil atau stabillow untuk menandai hal penting atau menarik, menambahkan simbol atau gambar, membetrikan catatan dan sejenisnya. Fitur ini sementara belum terakomodir pada buku digital namun beberapa tahun ke depan mungkin akan lebih banyak fitur yang membantu.
Kelima, Kemampuan untuk membaca sekilas dapat dengan mudah dilakukan pada buku cetak dibandingkan buku digital. Membolak-balik buku cetak juga lebih cepat dilakukan daripada di buku digital.
Keenanm, Tidak perlu dan tergantung dengan daya listrik atau baterai, karena memanga tidak menggunakan baterai untuk membaca buku cetak, tidak perlu khawatir kehabisan daya saat membaca bahkan di tempat terpencil sekalipun.


Buku Digital
Saat ini buku digital dengan mudah didapatkan melalui berbagai aplikasi dengan seabrek buku yang tesredia untuk dibaca, yang ari gratis hingga buku digital berbayar. Seakan toko buku dan perpustakaan ada dalam genggaman. Mari kita bandingkan keunggulan buku digital dibandingkan buku cetak.

Membaca buku sambil ngopi

Pertama, Kemudahan membaca. Membaca melalui buku digital sangat dipermudah, sebagian besar hanya membutuhkan satu tangan untuk membalikkan halaman, kita juga bisa membaca dengan bermacam-macam pose yang dianggap nyaman. Saat membaca pun tidak membutuhkan lampu tambahan, tingkat terangnya dapat diatur sesuai dengan kondisi sekitar.
Kedua, akses ke jutaan judul buku. Pembaca buku digital tak perlu khawatir kehabisan bahan bacaan, karena buku-buku dapat dibaca dan didapatkan dengan mudah melalui “toko buku” digital. Bayangkan Anda pergi liburan dan tidak perlu banyak ruang untuk menyimpan buku-buku yang ingin dibaca.
Ketiga, harga yang relatif lebih murah dibandingkan buku cetak mungkin salah satu kelebihan yang tidak dapat dipungkiri, hal tersebut dikarenakan penerbit tidak perlu mengeluarkan biaya cetak buku. Anda juga dapat membaca buku-buku secara gratis yang dapat diperoleh di internet.
Keempat,Menyorot dan menandai buku dipermudah tanpa alat tulis seperti pena atau pensil. Selain itu kita juga bisa menambahkan catatan yang kemudian dapat dibagikan, disimpan, dilihat secara online. Tak perlu lagi membolak-balik halaman mencari sorotan atau catatan sebelumnya.
Kelima, Kamus yang sudah terintegrasi ke dalam buku juga menjadi kelebihan utama. Anda tidak perlu lagi membuka buku kamus ketika kesulitan mencari arti dari kata tertentu, cukup dengan menyoroti kata tersebut kemudian akan muncul definisinya.
Keenam, Ketersediaan buku. Buku digital tidak akan pernah kehabisan stok, karena mereka tidak butuh dicetak. Begitu Anda membeli buku digital, Anda dapat langsung membacanya, tidak perlu menunggu paket untuk datang.
Ketujuh, Gratis. Saat mencari bahan bacaan yang cocok dengan selera kita, biasanya kita dapat membaca beberapa halaman secara gratis. Kalau kita cocok dan ingin lanjut membacanya, kita dapat langsung membelinya.

di sadur dari tulisan Riefni :

http://binus.ac.id/knowledge/2019/12/apakah-buku-cetak-masih-diminati-buku-cetak-v-s-buku-digital/